Industri kreatif

Kementrian Perdagacc1angan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. (https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif).

Dalam kondisi ekonomi saat ini yang masih lesu, masyarakat perlu adanya perubahan sikap dalam menghadapinya. Dan masayarakat perlu menyadari  peluang-peluang untuk mencari solusinya, seperti pengembangan home industri. Home industri diharapkan dapat meningkatkan taraf keejahteraan sosial secara mandiri dan perlunya kesadaran bahwa perubahan nasib dan peningkatan taraf kesejahteraan sosial tergantung dari diri masyarakat itu sendiri (QS 13:11).

dapur1

Ekonomi kreatif adalah salahsatu terobosan untuk mendorong gerak ekonomi sekarang ini selain menjadi penyaluran hoby. Berawal dari hoby dapat berkembang menjadi usaha kecil bahkan besar. Kreatifitas  keterampilan tangan akan menjadikan nilai uang sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kreatifitas mebuat aneka aksesoris pernak-pernik bros, jepit dan beberapa headpiece hijab merupakan usaha kreatif dengan modal yang cukup murah tapi dapat mendorong kegiatan ekonomi. Pelatihan dengan  sasaran yang terbagi menjadi beberapa kelompok dari perwakilan setiap RT/RW, dan diberikan pengarahan serta informasi mengenai proses persiapan bahan hingga membuat aneka jenis aksesoris dari kain perca dengan berbagai model mulai dasar, menengah hingga terampil.

Kebutuhan akan keterampilan yang dimulai hobby, pelatihan-pelatihan membutuhkan dukungan pemerintah. Seperti halnya kegiatan pameran Ekonomi kreatif di beberapa daerah merupakan ajang untuk menarik minat dan pasar di daerah tersebut. Dengan media sosial yang cukup luas dan gaya hidup yang terus berkembang sehingga permintaan pasar yang cukup banyak dalam bentuk aksesoris sederhana hijab, souvenir pesta  hingga hadiah-hadiah akan menjadi peluang sumber pendapatan bagi masyarakat khususnya individu-individu yang ingin menekuni dan meningkatkan ekonomi keluarga mereka dengan lebih baik lagi  sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah (value added). Dengan demikian masyarakat diharapkan ada kemudahan dalam pembuatannya sehingga dapat berkreasi dengan baik hingga pemasarannya. (accesories-accesories news).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.